Ciptakan Keakraban, Danramil 01/Purbalingga Lakukan Komunikasi Sosial dengan Masyarakat

INDONESIASATU.CO.ID:

PURBALINGGA - Komunikasi sosial yang memberikan pengakuan diri terhadap orang lain, maupun dari orang lain terhadap diri kita yang kemudian dapat meningkatkan kreativitas manusia dan mengurangi agresivitas negatif. Dalam penyelenggraan Komsos yang dilaksanakan oleh Koramil 01/Purbalingga salah satu tujuan utamanya adalah memelihara dan meningkatkan keeratan hubungan antara Koramil 01/Purbalingga dengan segenap komponen Masyarakat untuk kepentingan pertahanan negara, mengatasi kesulitan rakyat dan mendukung tercapainya tugas pokok Kodim 0702/Purbalingga sebagai satuan Komado Kewilayahan. (18/5)

Dalam melaksanakan tugas pokok tersebut, Koramil 01/Purbalingga yang dipimpin oleh Kapten Caj Purwanto senantiasa terus melaksanakan komunikasi sosial dengan seluruh komponen masyarakat agar terciptanya hubungan yang harmonis dalam rangka menjaga semangat persatuan dan kesatuan bangsa dan negara.

Peran komunikasi dalam hubungan sosial antara Koaramil 01/Purbalinggadengan masyarakyat merupakan hal yang biasa kita temukan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Hal tersebut tidak lepas dari UU Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI pasal 2 yang menyebutkan jati diri Tentara Nasional Indonesia sebagai Tentara Rakyat. Tentara Rakyat dimaksud sebagai prajurit yang berasal dari rakyat, di bentuk oleh rakyat, dan digunakan kekuatannya untuk kepentingan rakyat. Membangun konsep diri untuk menemukan jati diri yang baik, dengan mengedepankan komunikasi sosial yang humanis.

Ini lah yang selalu diterapkan oleh Kapten Caj Purwanto selaku Danramil 01/Purbalingga tak jemu-jemu untuk selalu menjaga hubungan harmonis dengan masyarakat diwilayanya dengan meningkatkan komsos. Sehingga masyarakat takkan takut dan malu untuk bertegur sapa dengan anggota Koramil, dengan demikian aparat kewilayahan akan mudah dalam melakukan pembinaan serta pemantauan wilayah dengan bantuan kesadaran masyarakat itu sendiri.

“dari sinilah kita sebagai aparat kewilayahan bisa betul-betul mengakrabkan diri dengan semua masyarakat yang ada sehingga kita bisa menjadi salah satu bagian dari kehidupan mereka dan tentunya kita juga harus bisa memberikan pemahaman dan inpirasi bagi mereka agar mereka bisa menjadi masyarakat yang memiliki nilai kebersamaan dalam bentuk apapun dan mereka juga bisa menerima dan mendambakan akan kehadiran TNI di wilayah tersebut.” papar Kapten Caj Purwanto kepada anggota Pendim 0702/Purbalingga

Kegiatan Komsos tersebut merupakan salah satu kedekatan masyarakat dengan aparat komando kewilayahan menggambarkan bahwa rohnya TNI berada di masyarakat dengan kemauan dan dedikasi yang tinggi dalam melaksanakan tugas di wilayah binaannya. Pungkasnya.

Index Berita