Kapolres Pasaman Melaksanakan Ta'aruf dan Wisata Jum'at Berjamaah

PASAMAN --- Polisi Resor (Polres) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat menerapkan beberapa program jitu yang dinilai mampu meningkatkan keamanan dan ketertiban dikalangan masyarakat. Salah satunya yaitu program Ta'aruf dan wisata Jumat Berjamaah (Tawajuah) yang sedang digalakan baru-baru ini.

Kapolres Pasaman, AKBP Hasanuddin kepada wartasumbar.com, Jum'at (05/01/2018) mengatakan program Tawajuah tersebut merupakan salah satu alternatif untuk meminimalisir berbagai macam bentuk penyakit masyarakat (Pekat).

"Beban dan tanggungjawab kami sebagai Polisi semakin hari sepertinya semakin berat. Karena perilaku masyarakat semakin hari semakin berubah dan berbagai macam modelnya seiring perkembangan teknologi, khususnya penyakit masyarakat (Pekat). Maka untuk meminimalisir pelaku tersebut di Pasaman, kami mencoba program Ta'aruf dan wisata Jumat Berjamaah (Tawajuah) yang sedang kami galakkan saat ini," terangnya.

Hasanuddin mengatakan, dalam program Tawajuah ini lebih mengedepankan persuasif dan pembinaan secara langsung kepada masyarakat.

"Ciri khas program Tawajuah ini lebih mengedepankan persuasif dan pembinaan langsung kepada masyarakat. Pertama, tentu menekankan kepada personel agar melaksanakan tugas dengan ikhlas, melayani dan melindungi masyarakat. Sehingga diharapkan tugas menjadi ibadah dan didasari ketaqwaan pada Allah SWT. Kemudian Dalam menegakkan hukum utamakan profesionalitas, junjung tinggi kebenaran, keadilan dan kemanusiaan," katanya.

Kata Hasanuddin, dengan turun secara langsung kelapangan serta tausiah dimimbar Masjid, diharapkan bisa merubah sikap masyarakat secara perlahan.

"Turun kelapangan secara langsung, seperti tadi siang di Masjid Nurul Huda Padang Sawah, Kecamatan Tigo Nagari, Pasaman saya bertindak sebagai khatib sholat Jum'at. Dihadapan sekitar 350 orang jama'ah, saya mengajak masyarakat bekerja sama, bermitra dalam mmewujudkan kamtibmas yang kondusif. Dalam tausiah saya sampaikan, kalau memang terbiasa minum miras, judi, Narkoba, mencuri dan berbagai kebiasaan buruk lainnya segera insaf menuju Ridho Allah Swt. Pembinaan seperti inilah yang sedang kami gencarkan dari Polres Pasaman. Semoga dengan program ini menjadi salah satu alternatif dalam mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat sesuai Visi Misi Pasaman yang Agamis," tutupnya.(Anto)