Polres Pasaman Kerahkan 214 Personil Amankan Acara Tradisi "Balimau"

INDONESIASATU.CO.ID:

PASAMAN --- Polres Pasaman, Sumatera Barat mengerahkan sebanyak 214 personelnya untuk pengamanan pelaksanaan tradisi 'Balimau' yang diadakan warga di sejumlah tempat.

"Setiap titik jumlah personel yang ditempatkan berbeda tergantung tingkat keramaiannya, dan kami memperkirakan 18 titik keramaian ada saat "balimau" di 12 kecamatan," kata Kapolres Pasaman AKBP Hasanuddin,S.Ag melalui Kepala Bagian Operasi Kompol Syahrul Chan, di Polres Pasaman, Kamis (16/05/2018)

Dia menjelaskan, pengamanan yang dilakukan bertujuan untuk menjaga warga yang melaksanakan balimau, barang-baarang bawaannya, tempatnya serta kegiatan itu sendiri.

"Pengamanan ini dilakukan untuk memberikan rasa aman pada masyarakat yang balimau dan jangan sampai terjadi kecelakaan atau musibah seperti tenggelan maupun hanyut," katanya.

Selain itu ujarnya, juga ada tim patroli polisi guna menjaga kamtibmas.

Menurutnya, pengamanan ini dibagi di dua wilayah, yakni bagian utara dan selatan. Mulai dari Tigo Nagari, Bonjol, Lubuk Sikaping, Panti, Dua Koto, Rao, Rao Selatan.

Pihak kepolisian memprediksi kepadatan lokasi balimau, yakni di Batang Asik Kecamatan Rao Selatan, Ampang Gadang Kecamatan Panti dan Puncak Tonag kecamatan Lubuksikaping.

Selain itu katanya, supaya umat muslim khitmat menjalankan ibadah puasa pihaknya saat bulan Ramadhan sudah melakukan operasi cipta kondisi dengan datang ke pasar dan menyita petasan.

"Kita juga akan melaksanakan patroli saat shalat tarawih," katanya.(Anto)

 

Index Berita