Seleksi Ketat Calon Pimpinan 9 SKPD Buton Tengah

 WARTASULTRA.COM: BUTON TENGAH - Calon pimpinan 9 Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Tengah (Pemda Buteng) menjalani seleksi Jabatan Pimpinan Tingkat Pratama (JPTP) secara ketat.

 Kemampuan, sikap dan loyalitas setiap peserta diuji sebagai tolak ukur kelayakan untuk menduduki kursi pimpinan SKPD.

 Diungkapan oleh Ketua Tim Asesor Dr. La Sensu bahwa tahap penulisan dan pemaparan makalah diadakan untuk menilai kemampuan, sikap dan loyalitas para peserta dalam mendukung program pembangunan di Kabupaten Buton Tengah.

 "Disinilah Kemampuan, sikap dan loyalitas para peserta akan diuji dan dinilai," ungkapnya.

 Dari 10 SKPD yang mendaftar, Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Buton Tengah batal mengikuti tahapan seleksi, ini disebabkan hasil seleksi administrasi Dinas PU tidak memenuhi persyaratan, sehingga seleksi tahap penulisan dan pemaparan makalah maupun asesment hanya diikuti oleh 9 SKPD.

 Kepala Bidang Pengembangan dan Diklat BKPSDM Buteng Sarifuddin Fanta pada Kamis (07/12) mengatakan, proses seleksi Dinas PU batal karena belum memenuhi syarat dan bertentangan dengan Permen Kemen PAN-RB No. 13 Tahun 2016.

 "Proses seleksi JPTP dapat dilanjutkan jika peserta yang lolos seleksi administrasi minimal berjumlah empat orang, saat ini panitia seleksi sementara berkoordinasi dengan Kemendagri terkait proses lelang jabatan Kepala Dinas PU Buton Tengah,” kata dia.

 "Proses seleksi secara ketat tanpa pilih kasih sehingga mereka yang terpilih betul-betul kompoten sesuai yang diharapkan, hal ini akan menjadi dasar bagi pimpinan daerah dalam menentukan kebijakan," tambahnya.

 Dari 58 pendaftar terdapat 47 peserta yang mengikuti tahap penulisan dan pemaparan makalah, mereka terdiri dari 44 orang Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemda Buteng, sedangkan tiga peserta lainnya dari luar Buteng. “Peserta dari luar Buteng terdiri dari satu asal Busel dan dua ASN provinsi,” kata dia," ujarnya. (Ton)